Fitur Terbaik dan Terburuk dari iPhone 11 Pro & Pro Max

Fitur Terbaik dan Terburuk dari iPhone 11 Pro & Pro Max

Daftargadgetterbaru.web.id – Beberapa pekan lalu Apple mengadakan acara peluncuran sederet gadget terbaru mereka – yang mana salah satunya adalah iPhone. Setelah dua tahun meluncurkan iPhone dengan penamaan romawi “X”, tahun ini, Apple kembali ke dalam pola penamaan angka dengan mengumumkan iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max. Varian “Pro” menjadi yang paling menarik di sini karena tidak hanya diisi dengan sejumlah fitur baru iphone 11 pro yang luar biasa namun juga fitur buruk yang membuatnya sedikit kontroversial. Apa saja itu?

1. Bionic A13 yang lampaui Snapdragon 855
iPhone baru, chip Bionic baru. Apple masih bertahan dengan kebiasaan mereka yaitu mengumumkan Apple baru dengan chip Bionic baru di dalamnya. Tahun ini, keluarga iPhone 11 ditenagai oleh chip Bionic A13 yang tentunya jauh lebih baik dari Bionic A12 tahun lalu.

Pada grafik yang mereka tunjukkan di event kemarin, Apple menampilkan bahwa A13 menjadi chip terkuat untuk smartphone saat ini, baik di pemrosesan CPU maupun GPU. A13 bahkan jauh melampaui Snapdragon 855 dari Qualcomm dan hampir 2x lebih baik ketimbang Kirin 980.

2. Peningkatan daya tahan baterai yang signifikan
Salah satu fitur penting dalam sebuah smartphone adalah baterai dan tahun ini, Apple membuat peningkatan daya tahan baterai yang signifikan untuk iPhone 11 Pro. Apple mengklaim bahwa iPhone 11 Pro dapat bertahan 4 jam lebih lama ketimbang iPhone XS, sementara varian “Max” mendapatkan peningkatan daya tahan baterai hingga 5 jam. Diketahui bahwa Apple mempertahankan daya tahan yang baik dari iPhone XR tahun lalu, dan membuatnya lebih baik untuk keluarga iPhone 11 terutama Pro dan Pro Max, di tahun ini.

3. Tiga kamera belakang dengan banyak fitur mengesankan
Setelah sekian lama, Apple akhirnya menambahkan jumlah kamera belakang di iPhone kesayangan mereka. iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max tahun ini, mendapatkan tiga kamera belakang yang masing-masing terdiri dari lensa wide 12MP, lensa ultra-wide 12MP dan lensa telephoto 12MP.

Lensa telephoto menjadi yang paling disorot di sini karena memiliki kemampuan 2x optical zoom in, 2x optical zoom out dan 10x digital zoom, yang mengesankan. Di samping itu, varian “Pro” juga mendapatkan fitur ‘dual stabilisasi’ di mana lensa telephoto bekerja sama dengan lensa wide, untuk menstabilkan gambar.

4. Layar OLED yang lebih ciamik
Apple masih menggunakan iPhone untuk menawarkan teknologi layar terbaru dan terbaik dari mereka. iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max, masing-masing dibekali dengan apa yang Apple sebut sebagai layar Super Retina XDR, berukuran 5,8 inci dan 6,2 inci. Itu menggunakan panel OLED, dengan resolusi 2,436 x 1,125 pada 458 ppi.

Sebagai perbandingan, iPhone 11 (biasa) hanya menggunakan layar Liquid Retina HD berpanel LCD dengan resolusi 1,792 x 828 pada 326 ppi. Itu menawarkan perbedaan lebih baik yang cukup signifikan di sisi kecerahan, kelengkapan fitur dan juga reproduksi warna.

5. Pilihan warna yang membosankan
Beralih ke hal-hal buruk, iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max tidak memiliki pilihan warna semenarik iPhone 11 biasa. Sementara iPhone 11 lebih inovatif dengan varian warna yang lebih cerah, varian “Pro” justru hanya menawarkan varian warna lama seperti abu-abu, silver dan rose gold.

Benar memang, jika ada warna baru yaitu “midnight green” yang terlihat keren, namun itu tidaklah cukup. Apple harus segera menghilangkan anggapan bahwa pengguna atau peminat varian “Pro” tidak menyukai warna-warna yang cerah dan lucu.

Baca Juga : Pembahasan Mengenai Oppo Reno 2Z

6. Tidak banyak fitur menarik yang menjelaskan label “Pro”
Salah satu kontroversi yang hadir ketika Apple mengumumkan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max adalah fakta bahwa tidak ada banyak fitur baru dan menarik, yang menjelaskan label “Pro” yang dimilikinya. Smartphone dengan varian “Pro” seharusnya menawarkan sesuatu yang hebat dan mewah ketimbang varian biasanya.

Namun di kasus iPhone 11 Pro, ini tidak terjadi. Apple mungkin menyebut bahwa iPhone 11 Pro sebagai smartphone dengan fitur fotografi atau videografi yang luar biasa, namun nyatanya, sebagian besar fitur tersebut bisa ditemukan di iPhone 11 biasa yang lebih murah.

7. Masih tanpa USB-C
Satu hal yang perlu dibenahi oleh Apple di perangkat buatan mereka terutama iPhone adalah port USB-C. Tahun ini, Apple tidak membenahi hal yang telah menjadi keluhan banyak pengguna tersebut. Lini iPhone 11 termasuk 11 Pro dan 11 Pro Max masih menggunakan port Lightning, yang jelas-jelas tidak disukai banyak pengguna.

Anehnya lagi, iPad Pro yang dirilis beberapa bulan yang lalu, telah berganti ke port USB-C sementara iPhone 11 yang lebih baru, justru tidak. Tapi untungnya, Apple menyertakan kepala charger fast-charging 18W ke dalam paket penjualan keluarga iPhone 11.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai fitur-fitur terbaik dan terburuk dari iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max. Keduanya dan juga iPhone 11, sudah bisa di pesan sekarang juga dan akan tersedia untuk dibelai secara langsung pada 20 September mendatang.

Postingan Lain